//
you're reading...
Berita Internasional

4 Mata Uang `Sampah` Dari Negara Muslim, Indonesia termasuk

http://www.dream.co.id/dinar/4-mata-uang-sampah-negara-muslim-141230s.html

4 Mata Uang `Sampah` Negara Muslim
Reporter : Syahid | Jumat, 2 Januari 2015 17:00

Dream – Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) mengakui 180 mata uang nasional sebagai alat pembayaran yang sah. Namun dollar AS yang begitu perkasa ditambah kondisi negara yang berbeda-beda membuat sebagian uang masuk kategori sampah.

Mengutip laman Therichest, Jumat, 2 Januari 2014, pelemahan nilai mata uang suatu negara hampir biasanya dipicu tragedi dan penderitaan. Banyak negara menggantungkan harapan pada pariwisata dolar sehingga kunjungan ke negara-negara ini sangat murah.

Beruntung bagi pemilik dolar, mata uang sampah sebagian negara di dunia membuatnya seolah-olah menjadi miliarder dunia.

Berikut adalah mata uang negara-negara muslim yang memiliki nilai nominal ekstra besar sehingga masuk kategori sampah:

Dinar Irak

Image

Sejak pembangunan Irak mengalami penurunan di berbagai sektor akibat invasi Amerika Serikat (AS), mata uang Dinar sudah tidak punya gigi lagi. Apalagi sebagian wilayah negara itu kini dikuasai teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Pekerjaan sebagai Menteri Pariwisata Irak pun menjadi pekerjaan yang paling sulit di dunia saat ini. AS bahkan sudah mengeluarkan travel warning sejak musim panas 2014 lalu.

Sementara ekspor Irak 99 persen bergantung pada minyak, harganya pun anjlok dan memunculkan kekhawatiran terjadinya kekerasan sektarian. Akibatnya keamanan dan nilai mata uang Irak dipertaruhkan. (Ism)

Francs Guinea

Image

Inilah negara Afrika Barat lainnya yang menderita di tangan Ebola. Para ahli memperkirakan ekonomi Guinea akan benar-benar menyusut pada tahun 2015. Dan itu tidak akan meningkatkan nilai tukar mata uang mereka. Bahkan sebelum wabah Ebola, franc diperkirakan stagnan selama puluhan tahun, jatuh ke 7022 terhadap dolar pada tahun 2050.

Bangsa ini telah diberkati dengan kelimpahan mineral tetapi dikutuk oleh lokasinya yang berbatasan dengan negara-negara yang tercabik-cabik perang saudara, seperti Sierra Leone dan Liberia. Banjir pengungsi telah mengeringkan devisa negara. (Ism)

Rupiah Indonesia

Image

Indonesia adalah negara kepulauan. Tak seorang pun mengetahui pasti berapa jumlah pulau di negara ini. Namun, Anda hanya perlu tahu dua pulau yang perlu dikunjungi: Jawa dan Bali.

Jadi mengapa rupiah bisa menjadi sampah? Majalah Economist menggambarkan masalah-masalah yang dihadapi Indonesia secara gamblang: infrastruktur yang berantakan, birokrasi yang seperti siput dan korupsi besar-besaran.

Di samping itu, negara memberikan subsidi harga bahan bakar yang cukup besar sampai-sampai tidak ada lagi yang tersisa untuk membangun infrastruktur yang modern. Setiap partai berkuasa yang ingin mengurangi subsidi itu dianggap melakukan bunuh diri pemilihan umum. (Ism)

Rial Iran

Image

Inilah juaranya mata uang sampah. Ekonomi Iran masih terus berusaha pulih dari revolusi, perang dengan Irak dan keras kepala mantan Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Sanksi internasional atas program nuklir sangat keras menempel. Diperkirakan bahwa Iran butuh minyak dijual di harga US$ 140 per barrel untuk menyeimbangkan anggaran. Ketika harga sampai pada US$ 60 per barel dan terus turun, masa depan rial tidak terlihat cantik.

Jadi rial akan tersedot ke program nuklir mereka yang selalu didengungkan untuk tujuan damai. Jadi, saat ini Iran adalah tujuan wisata paling murah di seluruh planet Bumi. (Ism)

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

– Korupsi Ahmad Heryawan/Aher Gubernur PKS Bisa dibaca disini.

– Korupsi Anis Matta, Tifatul Sembiring dan pejabat PKS lainnya bisa dibaca disini.

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia

PKS Partai Mesum
Foto Koalisi Koruptor Prabowo Hatta Prahara

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: