//
you're reading...
Berita Nasional

Pengikut Aliran Kepercayaan Kosongkan Kolom Agama di KTP

Ilustrasi Islam
Ilustrasi

Pengikut Aliran Kepercayaan Kosongkan Kolom Agama di KTP

Selasa, 11/11/2014 – 19:36
BANJAR, (PRLM).- Wacana mengosongkan atau menghapus kolom agama pada KTP, belakangan ini marak menjadi bahan perbincangan dan perdebatan pelbagai kalangan. Akan tetapi bagi warga penganut kepercayaan Paguyuban Budaya Bangsa di Kota Banjar, hal tersebut tidak menjadi beban. Mereka sudah terlebih dahulu mengosongkan kolom agama pada KTP.

Penganut kepercayaan yang tergabung dalam PBB tersebut hidup di tengah masyarakat di wilayah Desa Kujangsari dan Kelurahan Bojong Kantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Saat ini setidaknya ada 16 KTP pengikut aliran kepercayaan PBB tersebut yang mengosongkan kolom agama.

"Kami ini penganut kepercayaan Tuhan Yang Maha Esa Paguyuban Budaya Bangsa. Sudah berjalan turun temurun. Kolom agama di KTP juga kosong," ungkap Ketua PBB Kota Banjar, Margono (67) warga Klapasabrang, Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Selasa (11/11/2014).

Didampingi Pemuka PBB, Sandiarjo, dia mengungkapkan selama ini tidak ada persoalan dengan dikosongkannya kolom agama pada KTP. Meskipun demikian, dia mengaku sempat menunggu beberapa saat untuk mengurus pembuatan KTP pada tahun 2007.

Hal itu berkenaan dengan tidak dicantumkannya agama pada kolom agama yang terdapat pada formulir pengisian data untuk KTP. Semula dia diminta untuk mengisi kolom agama, akan tetapi hal itu tidak dilakukan, karena sebagai penganut aliran kepercayaan.

Setelah beberapa kali memberi penjelasan tentang paham yang dianutnya. Persoalan tersebut, ungkapnya, sampai di wali Kota Banjar saat itu Herman Sutrisno. Setelah mendapat lampu hijau dari Wali Kota Banjar, akhirnya kolom agama pada KTP pengikut aliran PBB dikosongkan.

"Tidak hanya di KTP, pada kartu keluarga, kolom agama kosong. Kami ini warga negara Indonesia yang baik, dan tetap memegang serta mengamalkan Pancasila," katanya.

Lebih lanjut Margono mengungkapkan bahwa saat ini pengikut PBB semakin berkuruang. Yang masih tersisa, hanya kalangan orang yang sudah berusia lanjut. Sedangkan anak dan cucu mereka sudah berbaur dan menganut agama Islam.

"Biarkan orang tua, seperti saya tetap menganut aliran kepercayaan. Sedangkan anak-anak sudah memiliki keyakinan sendiri. Kami tidak masalah dan tidak ada pertentangan, karena semua saling menghormati," ungkap Margono yang sudah memegang KTP untuk seumur hidup. (nurhandoko wiyoso/A-88)

http://www.pikiran-rakyat.com/node/304271

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

– Korupsi Ahmad Heryawan/Aher Gubernur PKS Bisa dibaca disini.

– Korupsi Anis Matta, Tifatul Sembiring dan pejabat PKS lainnya bisa dibaca disini.

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia

PKS Partai Mesum
Foto Koalisi Koruptor Prabowo Hatta Prahara

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: