//
you're reading...
Common

Muhammad menganjurkan makan semangka, muslim manggut manggut

Ilustrasi Islam
Ilustrasi

Dokter pun menganjurkan kita agar makan semangka, tapi muslim kok ga bilang Subhanallah!?

http://www.voa-islam.com/read/smart-teen/2014/12/17/34535/subhanallah-ternyata-rosululloh-saw-menganjurkan-kita-makan-buah-semangka-apa-khasiatnya/#sthash.JQBE78V0.dpbs

Rabu, 26 Safar 1436 H / 17 Desember 2014 06:50 wib 7.466 views
Subhanallah! Ternyata Rosululloh SAW Menganjurkan Kita Makan Buah Semangka, Apa Khasiatnya?

Sahabat VOA-Islam…
Siapa yang tak terpikat hatinya di saat melihat buah semangka yang telah di iris rapi dan di sajikan di hadapanya? Warna merah meronanya tentu menggoda untuk menyantapnya. Yups! buah yang satu ini memang tak sing lagi bagi kita yang hidup di negeri tropis. Pasalnya, curah hujan memang cukup banyak dan itu menjadi sarana untuk mudah menanam semangka.

Mungkin selama ini, kita menikmati semangka baru sekedar keinginan nafsu bak makan buah lainnya. Akan tetapi fahamilah, ternyata buah semangka juga masuk dalam pembahasan para ulama, dalam bab tibbun nabawi.

Terdapat banyak Hadist dan riwayat tentang buah semangka yang dibawakan oleh para ulama, sehingga seorang muslim sebaiknya menata niatnya di saat dia memakan semangka, bukan hanya sekedar ingin menikmati, tapi juga diniatkan bahwa dengan memakan buah ini bagian dari yang disyariahkan dalam Islam, karena Rosululloh SAW juga memakan semangka dan beliau juga mengabarkan khasiat buah semangka.

Sayang sekali bila makan buah semangka hanya diniatkan untuk memenuhi kebutuhan jasad, padahal ada pahala di dalamnya dengan niat ittiba apa yang dilaksanakan Rosululloh SAW. Maka dari itu, yakinilah bahwa semangka adalah termasuk salah satu dari sekian banyak buah yang menjadi makanan Rosululloh.

Syaikh DR. Mustafa Murod Shubi, salah seorang ulama Mesir yang juga anggota komite Dakwah Al Jamiiyah As Syariyyah Mesir, dalam kitabnya Minhajul Mukminin beliau menuliskan bab tentang Tibbun Nabawi, dimana di antara salah satu dalam pembahasanya beliau mencantumkan Buah Semangka sebagi buah yang bisa dipakai untuk berobat dan sunah memakannya.
Beliau katakan dalam kitab tersebut, “Hadist Shahih tentang semangka hanya satu. Adapun selainnya adalah kedustaan.Abu Dawud dan At Tirmidzi meriwayatkan, dari Nabi Muhammad SAW bahwasanya pernah makan semangka bersama ruthoh (kurma yang matang sebelum jadi tamar) beliau bersabda: “Kita menghilangkan panas dengan dinginnya, dan dingin ini dengan panasnya ini” (HR Abu Dawud(3836) da At Tirmidzi, 1844)

Dari sini sangatlah jelas, bahwa buah semangka bukan sekedar hidangan pencuci mulut, tapi juga buah yang dikabarkan Nabi tentang faedah dan manfaatnya, artinya ada keberkahan yang luar biasa di dalamnya insya Allah.

Buah Semangka Berdasarkan Penelitian Kesehatan
Untuk mengenal lebih dekat tentang keistimewaan buah ini, berikut telah kami rangkum dari Health Beckon mengenai manfaat buah semangka untuk kesehatan.

1. Kesehatan Jantung
Semangka dinobatkan sebagai makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Sertifikat tersebut diberikan oleh The American Heart Association yang telah berpengalaman sejak lama untuk meneliti lebih jauh mengenai organ jantung manusia mulai dari nutrisi yang baik untuk jantung serta pengobatan penyakit yang berkaitan dengan jantung.
The American Heart Association juga tidak sembarang menentukan, mereka telah menemukan tingginya kadar kalium dalam buah semangka yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mengetahui hal tersebut, tentu semangka menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

2. Mencegah Berbagai Jenis Kanker
Tadi disebutkan bahwa semangka adalah sumber likopen yang lebih tinggi dibanding buah-buahan dan sayuran segar lain. Likopen ini merupakan antioksidan kuat yang mampu menetralkan radikal oksigean yang berfungsi lebih optimal daripada beta-karoten dan vitamin E.
Para peneliti juga menemukan kemampuan semangka dalam upaya mencegah kanker payudara, prostat, endometrium, paru-paru serta kanker usus besar. Jadi apabila Anda tidak ingin mengidap salah satu penyakit kanker tsb, banyaklah konsumsi aneka olahan semangka.

3. Menetralkan Tekanan Darah Tinggi
Studi kecil terhadap suplemen ekstrak semangka menunjukkan keefektifitasannya dalam menormalkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk dan setengah baya. Dengan kalium dalam semangka penyakit hipertensi bahkan stroke dapat dikurangi risiko terburuk mengalami peningkatan.

4. Membuat Tidur Nyenyak
Semangka juga membantu Anda tidur lebih pulas karena kandungan karbohidrat polisakarida di dalamnya dapat meningkatkan kadar seretonin. Terjadinya peningkatan kadar seretonin ketika tidur di malam hari membuat otak Anda tidak sensitif terhadap rangsangan yang mengganggu seperti suara, sehingga tidur Anda lebih berkualitas.
Apabila Anda ingin membuktikannya, sehabis makan malam konsumsi beberapa potong buah semangka kemudian tidur sebelum pukul 11:00 malam. Para peneliti juga mengatakan bahwa konsumsi buah semangka sebelum tidur dapat memperpanjang tahapan tidur nyenyak sebesar 27%.

5. Memperlancar Sirkulasi Darah
Buah ini dapat melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini dikaitkan dengan kandungan arginin dalam semangka yang dapat meningkatkan oksida nitrat, sehingga pembuluh darah bekerja lebih efektif untuk mengalirkan darah serta mengobati dan mencegah disfungsi ereksi.

6. Menurunkan Berat Badan
Rasa manis yang dihasilkan dari buah ini tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Selain itu buah semangka tidak rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak ataupun kolesterol yang cenderung mengakibatkan berat badan meningkat.
Bahkan karena terjadinya peningkatan konsentrasi argini dalam darah sehabis konsumsi semangka dapat memberi keuntungan bagi Anda yang ingin memperoleh tubuh langsing dengan langkah menurunkan berat badan secara perlahan.

7. Meredakan Nyeri Otot
Mengonsumsi semangka sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang dihasilkan ketika mengalami nyeri di bagian otot. Hal ini menjadikan buah semangka sebagai makanan yang direkomendasikan kepada para atlet sehabis latihan keras.
Kandungan citrulline dalam buah semangka akan dikonversi menjadi L-arginine, asam amino dan lemak esensial yang membantu mengurangi nyeri otot pasca-latihan sampai hari-hari berikutnya.

8. Diuretik Alami Untuk Penderita Gagal Jantung Kongestif
Semangka merpakan diuretik alami, yaitu obat yang memungkinkan ginjal untuk mengeluarkan urin lebih banyak, yang pada gilirannya akan membantu menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh. Obat diuretik sering diberikan pada pasien yang mengidap gagal jantung kongestif baik dalam bentuk larutan ataupun pil.

Khasiat Semangka Untuk Perawatan Kulit
Banyak klinik kecantikan yang menggunakan produk perawatan berbahan dasar semangka. Hal ini karena buah semangka sarat dengan vitamin yang tidak membahayakan semua jenis kulit serta sifatnya sebagai antioksidan dapat memberikan kontribusi untuk kesehatan kulit seperti berikut.

9. Membuat Kulit Tetap Sehat
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, semangka merupakan buah yang menyegarkan karena di dalamnya sangat banyak mengandung air sehingga tubuh terhidrasi dengan baik.
Hal demikian membantu meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit tetap. Untuk menerapkannya Anda bisa mencoba ritual berikut:

Parut daging buah semangka dan jadikan jus.
Oleskan pada wajah dan biarkan 15 menit.
Kemudian bersihkan menggunakan air hangat terlebih dahulu, kemudian gunakan air dingin.
Setelah itu menghadaplah ke kaca dan lihat perubahan positif pada kulit wajah Anda dalam waktu singkat.

10. Mencegah Penuaan
Sebagai sumber antioksidan yang kuat seperti likopen, vitamin C dan vitamin A sudah semestinya membantu tubuh melawan radikal bebas. Dengan begitu masalah yang dapat menjadikan kulit keriput, timbul garis-garis halus disertai bintik-bintik akan terhindari.

11. Mengurangi Pengaruh Buruk Sinar Matahari
Minum dua cangkir jus semangka tiap hari dan juga mengoleskan jus semangka pada kulit Anda dapat mengurangi dampak negatif atau pengaruh buruk yang timbul akibat kulit terkena paparan cahaya matahari hingga 40%.

12. Mengatasi Kulit Wajah Beminyak
Vitamin A dalam buah semangka akan mengecilkan ukuran pori-pori pada wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih dalam kelenjar sebaceous. Jika Anda ingin mencobanya, campurkan jus semangka dengan daun mint yang telah dihaluskan, kemudian masukkan dalam freezer lemari es sampai berbentuk sebongkah es batu. Setelah itu gosokkan pada wajah Anda, perawatan ini akan memperkecil ukuran pori-pori pada wajah sekaligus menenangkan kulit.

13. Mengobati Jerawat
Oleskan jus semangka ke seluruh kulit wajah menggunakan kapas, setelah itu diamkan 15 menit. Jika sudah bersihkan dengan air dingin terlebih dahulu, kemudian air dingin agar kotoran yang terangkat tidak masuk lagi.
Jika Anda tidak ingin repot, carilah produk perawatan wajah berjerawat dari bahan semangka dan madu atau yoghurt. Campuran kedua bahan tersebut dapat menghilangkan jerawat dan mencegahnya timbul kembali.

Manfaat Buah Semangka Untuk Rambut

Beberapa vitamin dan mineral dalam buah semangka memberikan manfaat pula bagi kesehatan rambut, berikut beberapa diantaranya:
Mencegah rambut rontok.
Memperkuat rambut yang rapuh.
Mengatasi rambut kering menjadi tahan basah dalam waktu lama.
Menyuburkan dan mempercepat proses tumbuh rambut.
Pelembab yang tepat untuk rambut.

Mengkonsumsi Semangka Selama Kehamilan
Banyak ibu hamil yang menanyakan, "apakah aman jika mengonsumsi semangka selama masa kehamilan?"
Tentunya, ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi lebih untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Dengan makan buah semangka akan memberikan hidrasi yang diperlukan dan mengurangi beberapa efek samping yang tidak nyaman ketika hamil.

Kandungan vitamin A, C dan B6, serta mineral seperti kalium dan magnesium dalam semangka sangat penting untuk pengembangan otak, saraf dan sistem kekebalan tubuh bayi dalam rahim. Di sisi lain, kalium akan mengatur keseimbangan cairan dalam darah dan jaringan tubuh selama kehamilan.

Memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil akan membantu meredakan rasa lelah saat hamil, mengurangi rasa mual dan morning sickness yang mungkin terjadi. Kombinasi antara kalium dan magnesium juga mampu mengurangi kram otot yang disebabkan oleh trimester ketiga kehamilan.

The American Pregnancy Association menyarankan semua bumil untuk konsumsi minimal tiga iris buah semangka tiap hari. Tetapi ada juga tambahan dari “International Journal of Gynecology dan Obstetrics”, kelebihan konsumsi makanan tinggi likopen seperti semangka dapat mengurangi risiko pengembangan preeklampsia selama kehamilan.

Kondisi tersebut dapat mengurangi dampak negatif yang cukup serius pada sang ibu dan bayi yang diakndungnya. Mengasup tubuh dengan likopen berlebih saat hamil akan mengurangi risiko bayi mengalami kelambatan tumbuh kembang dalam kandungan.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa semangka benar-benar aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. [bbs/protonema/voa-islam.com]

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

– Korupsi Ahmad Heryawan/Aher Gubernur PKS Bisa dibaca disini.

– Korupsi Anis Matta, Tifatul Sembiring dan pejabat PKS lainnya bisa dibaca disini.

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia

PKS Partai Mesum
Foto Koalisi Koruptor Prabowo Hatta Prahara

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: