//
you're reading...
Berita Nasional

Penganut Aliran Kepercayaan Minta Fasilitas TPU

Ilustrasi Islam
Ilustrasi

Penganut Aliran Kepercayaan Minta Fasilitas TPU

10 Desember 2014 1:38 WIB Category: Suara Pantura Dikunjungi: 387 kali A+ / A-

(Suaramerdeka.com/ Yusuf Gunawan)
(Suaramerdeka.com/ Yusuf Gunawan)
BREBES, suaramerdeka.com – Penganut aliran kepercayaan yang tergabung dalam Himpunan Ber-KTP Penghayat Ketuhanan Yang Maha Esa (HKB), meminta Pemkab Brebes untuk menyediakan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di tiap desa, dimana terdapat warga non muslim yang tinggal.

Permintaan itu disampaikan pengurus KHB saat beraudiensi dengan Pemkab Brebes, Selasa (9/12), menyusul adanya warga penganut aliran Sapto Darmo di Desa Siandong Kecamatan Larangan yang meninggal dan akhirnya dimakamkan di pekarangan rumah karena tidak tersedianya TPU di desa setempat.

Ketua Presidium HKB Pusat, KRT Rosa Mulya Aji mengatakan, kedatangannya bersama dengan pengurus aliran Sapto Darmo ke Pemkab Brebes untuk menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan hak penganut kepercayaan yang selama ini tinggal di Kabupaten Brebes. Salah satunya, meminta Pemkab Brebes untuk dapat memfasilitasi atau menyediakan TPU di desa-desa, dimana terdapat warga penangut aliran kepercayaan tinggal.

Dalam petemuan itu, Rosa Mulya Aji membantah jika Jenasah Jaodah sempat mendapat penolakan saat akan dikebumikan di pemakaman oleh pemerintah desa. “Kami telah mengecek ke lapangan, pemakanan jenasah Jaodah di pekarangan belakang rumahnya sudah menjadi kesepakatan keluarga karena jarak antara TPU dengan rumah duka terlalu jauh. Selain itu, di rumah duka juga terdapat sejumlah mie instan hasil yang merupakan hasil sumbangan dari warga sekitar,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, permintaan agar Pemkab Brebes bisa menyediakan TPU karena saat ini sudah banyak penganut aliran kepercayaan yang tersebar di Kabupaten Brebes. Sejumlah aliran kepercayaan yang telah ada di Brebes di antaranya, Wisnu, Trijaya, Maneges, Kapribaden dan Sapto Darmo.

Sekertaris Persatuan Warga Sapto Darmo (Persada) Kabupaten Brebes, Suharjo mengatakan, saat ini di Brebes terdapat 220 orang penganut kepercayaan Sapto Darmo. Mereka selama ini aktif mengadakan ritual kepercayaan yang terbagi di tiga tempat. Yakni, di Desa Sengon Kecamatan Tanjung, Sigentong Kecamatan Larangan dan Losari. “Kami bersama anggota juga berswadaya membeli lahan untuk kemudian dijadikan sebagai tempat pemakaman khusus. Di antaranya, di Desa Sigentong Kecamatan Wanasari dan Kalanpandan Kecamatan Larangan,” ungkapnya.

Sementara itu Asisten I Sekda Pemkab Brebes, Suprapto didampingi Kabag Humas dan Protokol, Drs Atmo Tan Sidik menjelaskan, terkait persoalan tersebut pihaknya akan melakukan inventarisasi dan pendataan terhadap TPU dan pemakaman dengan status wakaf. “Setelah data terkumpul, kemudian kami baru mengambil langkah terbaik guna menyelesaikan persoalan ini,” katanya.

(Bayu Setiawan/CN34/SM Network)

http://berita.suaramerdeka.com/penganut … litas-tpu/

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

– Korupsi Ahmad Heryawan/Aher Gubernur PKS Bisa dibaca disini.

– Korupsi Anis Matta, Tifatul Sembiring dan pejabat PKS lainnya bisa dibaca disini.

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia

PKS Partai Mesum
Foto Koalisi Koruptor Prabowo Hatta Prahara

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: