//
you're reading...
Berita Nasional

Budi Santoso: Kami Ingin Ditulis Agama Adam

Ilustrasi Islam
Ilustrasi

Budi Santoso: Kami Ingin Ditulis Agama Adam
Nov 12, 2014 Admin Berita, Hukum 0

Budi Santoso
Budi Santoso

[Kudus –elsaonline.com] Penganut ajaran Samin atau Sedulur Sikep, Kabupaten Kudus menghendaki kolom agama dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) ditulis Agama Adam. Permintaan itu berdasarkan keyakinan yang mereka anut, yakni Agama Adam (Samin, Sedulur Sikep-red).
Sesepuh penganut Sedulur Sikep Kudus Budi Santoso menegaskan, mereka ingin tak ada pembedaan dalam pengisian kolom agam dalam KTP. Menurutnya, sama-sama warga negara Indonesia, harus diperlakukan sama oleh pemerintah. Tanpa membeda-bedakan.

“Kalau kami dari Sedulur Sikep ingin kolom agama dalam KTP ditulis Agama Adam. Jika agama-agama resmi negara (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Khonghucu dan Buddha-red) ditulis sesuai agamanya, maka kami juga ingin begitu. Supaya tak ada pembedaan,” kata Budi, saat dihubungi via telpon, Rabu (11/11/14).

Pernyataan Budi menanggapi pernyataan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Mendagri mengatakan, penganut kepercayaan selain agama resmi negara boleh mengosongkan identitas agama dalam KTP. Pernyataan ini bukan bermaksud hendak menghapuskan kolom agama.

“Jika yang dimaksud oleh Mendagri kosong, maka kami ingin semua KTP dikosongkan. Termasuk KTP semua penganut agama. Jangan ada yang dikosongkan, dan diberi identitas agama. Jadi dalam KTP tak perlu ditulis agama,” tutur Budi. Semua kolom agama, maksudnya dihapuskan supaya tak menjadi persoalan.

Hak Sipil
Atas dasar itu, penganut Sedulur Sikep Kudus mengirimkan surat kepada lima kementerian RI dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Ia menyampaikan surat itu untuk menyampaikan hak-hak sipil mereka yang selama ini terlanggar. Dengan harapan pemerintah mempertimbangkannya.

“Kami sudah melayangkan surat kepada lima kementerian dan Gubernur Jateng untuk mengadukan nasib hak-hak sipil kami. Hak sipil kami yang hingga daat ini belum diterima secara utuh adalah pendidikan, akta kelahiran, kartu keluarga, dan kolom agama dalam KTP,” tegasnya.

Lima kementerian yang dikirmi surat oleh Sedulur Sikep antara lain, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, dan Menkokesra. “Kami ada harapan untuk pemerintahan sekarang. Lebih perhatian dan terbuka kepada kaum minoritas,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, hak-hak sipil penganut Sedulur Sikep Kudus banyak yang terabaikan. Di antaranya hak pendidikan hingga pada tahap ujian masih mengikuti salah satu agama resmi. Soal akta kelahiran, dalam akta kelahiran anak-anak Sedulur Sikep ditulisn (Bin) kepada ibunya. Padahal mereka sudah menikah secara adat Sedulur Sikep. [elsa-ol/Cep-@ceprudin]

http://elsaonline.com/?p=3889

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

– Korupsi Ahmad Heryawan/Aher Gubernur PKS Bisa dibaca disini.

– Korupsi Anis Matta, Tifatul Sembiring dan pejabat PKS lainnya bisa dibaca disini.

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia

PKS Partai Mesum
Foto Koalisi Koruptor Prabowo Hatta Prahara

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: