//
you're reading...
Common

karena kalau yang mengkritik tidak menguasai bidang yang dikritiknya

Ilustrasi Islam
Ilustrasi

Captain Pancasila wrote:kalau itu justru bukan ad hominem, karena kalau yang mengkritik tidak menguasai bidang yang dikritiknya, yang akan terjadi biasanya adalah data yang dikumpulkannya tidak/kurang valid, atau datanya valid tapi cara pengambilan kesimpulannya salah, intinya mengkomplain kevalidan data atau kevalidan cara pengambilan kesimpulan itu bukanlah kesalahan logika,
yang kesalahan logika/ad hominem itu kalau yang dikomplain keadaan pengkritik yang tidak ada pengaruhnya terhadap kevalidan data maupun kevalidan cara pengambilan kesimpulan, misalnya yang dikomplain itu keadaan sudah bener/belumnya pengkritik tsb bukan kemampuan pengkritik tsb dalam membedakan/menilai bener/tidaknya seseorang!

Sama aja cep, berpengaruh atau tidak berpengaruh tetap ad hominem

Coba buka wiki
http://id.wikipedia.org/wiki/Ad_hominem
disitu ada contoh2 ad hominem

A. Carl Sagan adalah seorang pemakai ganja, maka karya-karyanya ngawur.
B. Jimi Hendrix meninggal karena overdosis, jadi musiknya jelek.
C. Karena dia hanya murid, maka semua pernyataannya pasti salah.

Contoh A dan B tidak berpengaruh, tapi coba perhatikan contoh C

Dalam contoh C jelas berpengaruh terhadap kritikan / kemampuan / kevalidan cara pengambilan kesimpulan
Kalo dijabarkan maka seperti ini :

Murid : Muhammad itu ga bener, karena bla bla bla
Cepe : Kamu ga boleh kritik muhammad, karena kamu murid, maka kamu tidak benar dalam hal yang km kritik

paham ?

Contoh lain lihat disini
http://asatriawan.net/2012/05/01/ad-hominem-salah-satu-kesalahan-berpikir/

[1] Abusive ad hominem
Abusive ad hominem adalah menyangkal atau menarik kesimpulan berdasarkan sifat, personality, asosiasi, atau apa pun yang terkait orang yang mengutarakan pendapat.

Contoh sederhana adalah seperti ini:
Ardianto kan cuma mahasiswa Teknik Elektro, tahu apa dia tentang ad hominem? Saya yakin dia tidak mengerti apa-apa.

Contoh lain lihat disini :
http://jackinsight.cyber4rt.com/2012/04/apa-sih-maksudargumentum-ad-hominem.html

2. Argumentum ad Hominem Tipe II (sirkumstansial)

Berbeda dari argumentum ad hominem Tipe I, ad hominem Tipe II menitikberatkan pada perhubungan antara keyakinan seseorang dan lingkungan hidupnya. Pada umumnya ad hominem Tipe II menunjukkan pola pikir yang diarahkan pada pengutamaan kepentingan pribadi, sebagai contoh: suka-tidak suka, kepentingan kelompok-bukan kelompok, dan hal-hal yang berkaitan dengan SARA.

Contoh 1:

Pembicara G: Saya tidak setuju dengan apa yang Pembicara S katakan karena ia bukan orang Islam

Sekali lagi paham cep ?

justru Yesus nggak ad hominem kalau Yesus menyerang klaim tsb, seperti "wanita itu tidak berdosa karena kesaksianmu bahwa wanita itu berzina adalah kesaksian palsu"!

LHO ! :stun:
Kata siapa kalo Yesus menyerang klaim tersebut maka akan pasti terjadi ad hominem ?
Jadi kalo Yesus menyerang klaim tersebut maka bisa terjadi ad hominem atau bisa tidak terjadi ad hominem

Yang aq ingin TUNJUKKAN padamu adalah bahwa ad hominem itu muncul karena serangan kepada sebuah klaim, atau simpelnya ada klaim terus dibantah / diserang

Jadi sekali lagi Yesus tidak ad hominem
:lol:

Fayhem wrote:Pertanyaan bagi cepe , yg ini masuk ad hominem ga ? Alasannya ?

"Jangan menghina orang lain, karena siapa tahu yang dihina lebih mulia daripada yang menghina "

Cepe wrote:jelas nggak, orang nyerang yang ngritik aja nggak!

Tenang aja cep, aq ga bahas itu kok sementara ini

:lol:

btw, yang ini nggak kamu komentari?

Captain Pancasila wrote:
saya mau tanya, logika/penalaran semacam ini bener apa nggak?

a. omongan gw bener, buktinya gw nggak/belum pernah berbuat dosa!
b. omongan gw bener, buktinya gw nggak/belum pernah bohong!
c. omongan gw bener, buktinya omongan gw selama ini belum pernah keliru!
Kibou wrote:

Lha aq kan ga ikutin thread dari awal, jadi ga tau kalo km ngomong itu

Kalo logika b ga bener, meskipun km belum pernah bohong, siapa tau kali ini kamu bohong, kan km berdosa, jadi kalo melakukan dosa sekali lagi dengan berbohong ga masalah
Kalo logika c sama dengan logika b

Kalo logika a bener, karena kalo tidak berdosa, artinya dia tidak pernah berbohong dan akan tetap menjaga agar terhindar dari dosa

Yesus menggunakan logika A

Tetapi karena Aku mengatakan kebenaran kepadamu, kamu tidak percaya kepada-Ku.
Siapakah di antaramu yang membuktikan bahwa Aku berbuat dosa? Apabila Aku mengatakan kebenaran, mengapakah kamu tidak percaya kepada-Ku?

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

– Korupsi Ahmad Heryawan/Aher Gubernur PKS Bisa dibaca disini.

– Korupsi Anis Matta, Tifatul Sembiring dan pejabat PKS lainnya bisa dibaca disini.

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia

Koruptor Koalisi Prahara Prabowo Hatta Rajasa
Foto Koalisi Koruptor Prabowo Hatta Prahara

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: