//
you're reading...
Common

Kebijakan Redenominasi Rupiah Menurut Pandangan Seorang Akuntan

Ilustrasi Islam
Ilustrasi

http://elsaoktaviana.wordpress.com/2013/06/07/kebijakan-redenominasi-rupiah-menurut-pandangan-seorang-akuntan/

Kebijakan Redenominasi Rupiah Menurut Pandangan Seorang Akuntan
Posted on June 7, 2013 by mynameiselsa

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai redenominasi rupiah, kali ini saya akan kembali membahas mengenai redenominasi rupiah kembali tetapi saya akan membahas redenominasi rupiah dari sisi pandangan seorang akuntan.

Rencana pemerintah untuk meredenominasi rupiah merupakan sebuah berita yang membuat beberapa masyarakat khawatir. Mungkin untuk sebagian orang hal ini menguntungkan tetapi tidak untuk para milyader. Kebijakan pemerintah untuk meredenominasi rupiah membuat perdebatan yang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Lalu bagaimana seorang akuntan menanggapi kebijakan pemerintah yang akan dilaksanakan ini?

Redenominasi ini dipandang sangat menguntungkan bagi ekonomi Indonesia, bukan sebatas kebanggaan nilai tukar rupiah semata. Menurut Bapak Ito Warsito, akuntan yang menjabat Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam majalah IAI edisi Januari – Maret 2013, beliau mengatakan bahwa redenominasi ini bukan hanya soal kebanggaan nilai tukar, tapi juga adanya efisiensi nasional.

Mengapa redenominasi menyebabkan efisiensi nasional? Coba anda bayangkan bagaimana setiap harinya setiap orang terutama akuntan di semua industry mengiput sebuah data keuangan dalam rupiah dengan digit yang sangat banyak. Pertama dengan digit banyak tersebut dapat membuat ukuran file semakin besar dan membuat penyimpanan file juga semakin besar. Tetapi dengan redenominasi hal tersebut dapat di kurangi. Hal tersebut seperti apa yang telah dituturkan oleh Bapak Ito Warsito juga dalam majalah IAI.

Program ini pasti akan memudahkan dan menyigapkan kinerja akuntan dalam menghitung dan menyusun laporan keuangan. Redenominasi akan memudahkan kerja akuntan sebab jumlah digit yang dihitung yang harus diketik dan ditullis di komputer,akan berkurang. Menurut anggota Dewan Pengurus Nasional (DPN) Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mengatakan bahwa dengan jumlah digit yang berkurang akan terjadi penghematan dari segi jam kerja. Juga adanya efisiensi jam kerja akuntan, auditor maupun bagian keuangan di perusahaan.

Bapak Ito menjelaskan bahwa dengan adanya redenominasi tidak akan merugikan investor (dengan adanya redenominasi). Soalnya nilai sahamnya itu tidak menyusut. Substansinya tidak berubah, tidak ada kenaikan atau penurunan nilai.

Dengan adanya kebijakan redenominasi berdasarkan pandangan akuntan jelas akan mempermudah seorang akuntan dan meningkatkan kinerja seorang akuntan. Sebab saat ini belanja Negara yang disusun dalam laporan keuangan pemerintah telah mencapai triliunan rupiah. Sehingga dengan penyederhanaan digit ini telah meringankan penyusunannya.

Lalu apakah redenominasi akan menimbulkan masalah? Menurut Sekretaris Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP), kemungkinan masalah mengemuka saat masa transisi. Karena secara akuntansi, harus disepakati terlebih dahulu dalam penyajian laporan keuangan itu, mau pakai yang sudah diredenominasi atau belum.

Tetapi selama ini jika kita perhatikan bahwa laporan keuangan yang dibuat sebenarnya sudah menggunakan sistem redenominasi rupiah. Hanya saja di ujung tabel ada penjelasan spperti “dalam ribuan”. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa jika dilihat dalam akuntansi redenominasi tidak masalah. Tetapi yang menjadi masalah yaitu pada saat terjadi masa transisi. Namun hal ini juga tergantung bagaimana kesepakatan di awal mau menggunakan kebijakan yang mana.

Sekian tulisan dari saya. Sebagian yang saya paparkan terdapat dalam majalah IAI. Semoga bermanfaat ^^. Terima kasih …

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

– Korupsi Ahmad Heryawan/Aher Gubernur PKS Bisa dibaca disini.

– Korupsi Anis Matta, Tifatul Sembiring dan pejabat PKS lainnya bisa dibaca disini.

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia

Koruptor Koalisi Prahara Prabowo Hatta Rajasa
Foto Koalisi Koruptor Prabowo Hatta Prahara

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: