//
you're reading...
Common

Berbagai jenis kebenaran

Ilustrasi Islam
Ilustrasi

Bro rahimii, terima kasih sekali telah membantu saya memperjelas mengenai epistemologi. Dengan tambahan dari Bro rahimii tersebut, maka saya rasa pembahasan sekilas mengenai epistemologi sudah mencukupi.

Pengetahuan manusia itu tidak bisa lepas dari apa yang memang sudah "tertanam" dalam diri manusia. Yang saya maksud di sini adalah intuisi.

Ambil contoh intuisi logika. Kita tidak bisa membela keabsahan logika dengan menggunakan logika, karena akan berujung kepada circular reasoning. Karena itulah kita sadari bahwa tidak semua pengetahuan harus didasari oleh logika atau argumen. Ada hal-hal yang diketahui manusia secara intuitif, karena memang sudah semestinya begitu (properly basic).

Itulah sebabnya kita tidak bisa berargumen melawan seseorang yang tidak mengakui atau meragukan keabsahan logika. Bertemu dengan seseorang yang menyangkal aturan-aturan dasar logika, cukuplah kita katakan kepada orang itu, "Kamu tidak waras".

Demikian pula jika kita bertemu dengan orang-orang yang menyangkal aturan-aturan dasar moral. Kita katakan kepada mereka, "Kalian tidak bermoral".

Baik intuisi logika maupun intuisi moral, adalah seperti dua sisi dari sekeping uang logam. Keduanya saling mendukung satu dengan yang lain.

Ketika saya dulu pernah mencoba menjadi seorang atheist, saya memantapkan diri saya untuk mengejar kebenaran sampai titik akhir. Kalau memang benar Tuhan itu tidak ada, maka saya akan memilih kebenaran dan menjadi atheist.

Tapi kini jika melihat ke belakang, saya sadari bahwa dulu saya telah melekatkan moral value kepada kebenaran. Bahkan ketika dulu saya mencoba menjadi atheist, saya meyakini bahwa kebenaran itu berharga, lebih berharga daripada kepalsuan. Kalau memang kepercayaan kepada Tuhan adalah kepalsuan, maka saya akan menolak kepalsuan.

Dengan kata lain, saya meyakini moralitas. Dan moralitas yang saya yakini bertalian erat dengan kebenaran. Dan jika memang benar bahwa kebenaran lebih berharga dari kepalsuan, ini adalah suatu kebenaran obyektif. Dan apa yang obyektif tidak semata-mata bergantung kepada apa yang saya yakini. Kebenaran tetaplah lebih berharga daripada kepalsuan, sekalipun saya menyangkal hal tersebut.

Terima kasih kepada teman-teman sekalian yang telah mengikuti dan terlibat dalam trit ini. Kiranya damai sejahtera menyertai kalian semua. Amin.

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

– Korupsi Ahmad Heryawan/Aher Gubernur PKS Bisa dibaca disini.

– Korupsi Anis Matta, Tifatul Sembiring dan pejabat PKS lainnya bisa dibaca disini.

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia

Koruptor Koalisi Prahara Prabowo Hatta Rajasa
Foto Koalisi Koruptor Prabowo Hatta Prahara

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: