//
you're reading...
Common

Berbagai jenis kebenaran

Ilustrasi Islam
Ilustrasi

rahimii wrote:Konsep multiverse dilatarbelakangi oleh semangat untuk mencari pemecahan satu dari misteri terbesar ilmu pengetahuan modern, yakni mengapa dunia atom berperilaku begitu berbeda dalam dunia keseharian kita? Teori yang menjelaskan atom dan konstituen mereka adalah mekanika kuantum. Teori ini sangat sukses membawa kita kepada zaman komputer, laser dan reaktor nuklir, memberitahu kita mengapa matahari bersinar dan mengapa tanah di bawah kaki kita begitu keras dan solid. Tapi teori kuantum juga memberitahu kita sesuatu yang sangat mengganggu tentang atom dan perilakunya; mereka bisa ada di banyak tempat sekaligus.
kibou wrote:Bicara soal mekanika kuantum, bukankah perilaku partikel sub-atomik tersebut melanggar hukum non-kontradiksi?
Sebut saja ada partikel sub-atomik x, dan lokasi ruang L1 dan L2. Maka ada argumen sbb:

1. Saat ini x berada di L1. (True)
2. Saat ini x berada di L2. (True)
3. Pernyataan 2 equivalen dengan pernyataan "Saat ini x tidak berada di L1"
4. Saat ini x tidak berada di L1 (True)
Maka
5. Pernyataan 1 berkontradiksi dengan pernyataan 4 (keduanya tidak mungkin aktual bersamaan)

Lalu, bagaimana caranya meloloskan diri dari kontradiksi di atas?
Salah satu cara yang bisa kita ambil adalah dengan menggunakan hukum logika yang disebut hukum identitas, atau A=A.

Maka kita bisa memberi definisi x sbb:

x = partikel sub-atomik yang mampu berada di lebih dari satu lokasi sekaligus.

Jika kita sudah memahami hakikat dari partikel sub-atomik sesuai dengan definisi di atas (yang memang sepertinya dikonfirmasi oleh eksperimen mekanika quantum) maka kontradiksi dari argumen di atas menjadi gugur. Jika seseorang masih ingin memaksakan argumen di atas, maka perlu ditambahkan premis sbb:

1. Saat ini x berada di L1
2. Saat ini x berada di L2
3. Pernyataan 2 equivalen dengan pernyataan "Saat ini x tidak berada di L1"
4. Saat ini x tidak berada di L1
5. x tidak bisa berada di dua lokasi yang berbeda sekaligus. (inilah premis tambahan yang diperlukan)

Tapi seperti yang bisa kita lihat, dengan adanya pernyataan 5, kebenaran pernyataan 1 dan 2 menjadi diragukan. Kalau 5 benar, berarti 1 dan 2 tidak bisa benar sekaligus.

Dan tentu saja, pernyataan 5 melanggar definisi x yang sudah kita berikan.

Saya setuju dengan argumen logikanya bro kibou. Namun, bagi ilmuwan yang keblinger agar teorinya bisa mendepak "misteri" yang tidak diinginkan agar tidak terpikirkan, keberadaan alam semesta lain dimaknai secara logis tersirat oleh teori-teori yang menjelaskan fitur terbaik dari alam semesta kita sendiri. Sebagai contoh, pengukuran radiasi latar belakang kosmik (gaung dan gelombang tersisa dari big bang) menunjukkan bahwa ruang semesta dimana kita hidup adalah tak terbatas dan materi-materi tersebar secara acak di seluruh ruang itu. Oleh karenanya, dianggap semua kemungkinan pengaturan materi itu haruslah eksis disatu tempat di luar sana, termasuk replika yang tepat dan tidak tepat dari dunia kita sendiri dan makhluk di dalamnya. Teori Quantum mengatakan bahwa alam semesta adalah terpisah, sehingga alam semesta terlihat yang kita tinggali ditandai dengan jumlah informasi yang terbatas. Jika ruang tak terbatas, pola informasi ini pasti akan mengulang pada jarak yang cukup luas.

rahimii wrote:Tapi bagaimana menjelaskan bahwa atom bisa di banyak tempat sekaligus, sedangkan benda-benda besar yang terbuat atas susunan dari atom; meja, pohon atau pensil tidak bisa? Mendamaikan perbedaan antara mikroskopik dan makroskopik adalah masalah sentral dalam teori kuantum. Interpretasi banyak dunia adalah salah satu cara untuk melakukannya. Ide ini diusulkan oleh mahasiswa pascasarjana Princeton Hugh Everett III pada tahun 1957. Menurut pendukung teori interpretasi banyak dunia, teori kuantum tidak hanya berlaku untuk atom. Seperti dicontohkan tentang meja, jika atom bisa berada dibanyak tempat sekaligus, maka meja yang tersusun atas atom-atom juga harusnya bisa berada dibanyak tempat sekaligus. Tapi tidak ada orang yang pernah menyaksikan hal demikian.

Idenya adalah bahwa jika kita mengamati meja yang ada di dua tempat sekaligus, ada juga dua versi kita; salah satu yang melihat meja di satu tempat dan kita yang lain melihat meja itu di tempat lain. Konsekuensinya terasa sangat luar biasa. Sebuah alam semesta harus ada diperuntukkan untuk setiap kemungkinan fisik. Ada dunia di mana Nazi menang dalam Perang Dunia II, di mana Marilyn Monroe menikahi Einstein, dan di mana dinosaurus berhasil berevolusi menjadi makhluk cerdas yang membaca faithfreedom indonesia.. :green:

kibou wrote:Walaupun secara logika teori multiverse bisa saja benar, namun untuk saat ini saya masih bersikap agnostik mengenai multiverse, karena:

1. Ockham’s razor. Mempostulasikan entitas-entitas dalam jumlah yang begitu banyak (multiverse) sepertinya overkill/berlebihan.
2. Keberadaan multiverse belum didukung pengamatan empiris.

Oh iya, teman-teman ada yang nonton serial komedi Big Bang Theory? Kalau tidak salah di season 7, Sheldon Cooper putus asa dengan String Theory dan mengambil keputusan untuk ganti jurusan fisika. : )

Bahkan sebelum sampai ke mengapa kita harus atau tidak harus percaya pada teori multiple universe, ada masalah semantik dan filsafat yang harus diurus lebih dahulu. Jika alam semesta (Universe), seperti kamus mendefinisikannya adalah "segala sesuatu yang ada; dianggap sebagai keseluruhan" maka bukankah benar menurut definisi tersebut bahwa memang hanya ada satu hal seperti itu (universe)? Masalah lain ketika fisikawan dan filsuf berbicara tentang domain ruang-waktu yang berbeda menjadi "dua alam semesta," apakah yang mereka umumnya maksud adalah bahwa semesta itu :
1) sangat-sangat besar
2) terisolasi secara sebab akibat satu sama lain (yang berarti bahwa sebuah peristiwa di salah satu semesta tidak dapat memiliki efek di semesta lain)
3) saling tidak bisa diketahui dengan pengamatan langsung
4) dua domain bisa dikatakan semesta yang terpisah bila mereka adalah paralel, yang berarti bahwa mereka mengandung versi berbeda akan entitas yang sama, seperti alter ego kita sendiri.

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

– Korupsi Ahmad Heryawan/Aher Gubernur PKS Bisa dibaca disini.

– Korupsi Anis Matta, Tifatul Sembiring dan pejabat PKS lainnya bisa dibaca disini.

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia

Koruptor Koalisi Prahara Prabowo Hatta Rajasa
Foto Koalisi Koruptor Prabowo Hatta Prahara

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: