//
you're reading...
Common

Trinitas Menurut Seorang Ali Sina

Ilustrasi Islam
Ilustrasi

Trinitas merupakan doktrin yang mengungkapkan bahwa Tuhan bukanlah kesatuan sederhana, ada pluralitas dalam kesatuan-Nya. Tidak seperti antinomy atau paradoks, yang merupakan kontradiksi logis, Tritunggal bukan doktrin yang tidak masuk akal atau irasional. Hal ini hanya diketahui lewat pengungkapan, sehingga Trinitas bukan subjek teologi alam, tetapi dari revelation. Logika doktrin Trinitas sederhana. Ada satu Tuhan dengan tiga pribadi yang berbeda. Trinitas bukanlah keyakinan bahwa Tuhan adalah tiga orang yang melebur dalam satu oknum pada saat yang sama. Sebaliknya, itu adalah keyakinan bahwa ada tiga pribadi tapi satu hakikat / nature. Trinitas bukanlah keyakinan bahwa ada tiga hakikat dalam satu hakikat atau tiga esensi dalam satu esensi. Sebaliknya, orang-orang Kristen menegaskan bahwa ada tiga pribadi dalam satu esensi. Dia adalah satu dalam "rasa" esensi, tapi banyak dalam "rasa" orangnya.

Dengan mengatakan Tuhan memiliki satu esensi dan tiga pribadi, itu berarti bahwa ia memiliki satu "apa" dan tiga "siapa." Tiga siapa (pribadi) masing-masing berbagi "apa" (esensi) yang sama. Jadi Tuhan adalah kesatuan dalam esensi, dan pluralitas secara pribadi. Setiap oknum / pribadi itu berbeda, namun mereka berbagi sifat / hakikat yang sama. Dalam ilustrasi matematika, trinitas bukan 1+1+1=3, tetapi 1x1x1=1. Sejalan dengan ali sina, walau mungkin tidak dijabarkan olehnya secara eksplisit, saya percaya bahwa atribut, kekuasaan, dan sifat Tuhan dapat terlihat jelas dalam penciptaan. Artinya kita bisa belajar tentang atribut, kuasa, dan sifat Tuhan dengan melihat apa yang telah dijadikanNya.

Ketika seorang pelukis melukis gambar, apa yang ada dalam dirinya tercermin dalam lukisan yang ia hasilkan. Ketika pematung menciptakan karya seni, itu adalah dari hati dan pikirannya sebagi sumber lahirnya si patung. Karya ini dibentuk oleh kemampuan kreatifnya. Para pencipta seni meninggalkan bekas mereka, sesuatu tentang mereka sendiri dan sesuatu yang mencerminkan apa mereka. Apakah ini sama dengan Tuhan? Apakah Tuhan meninggalkan sidik jari Nya pada penciptaan? Sepertinya begitu. Oleh karenanya, analogi terbaik akan trinitas dapat kita lihat pada penciptaan.

Pada dasarnya, alam semesta terdiri dari tiga unsur: waktu, ruang, dan materi. Masing-masing terdiri dari tiga komponen. Waktu terdiri atas komponen masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Komponen ruang adalah tinggi, lebar dan dalam. Sementara materi terdiri atas komponen padat, cair dan gas. Dengan waktu, misalnya, masa lalu berbeda dengan masa sekarang, yang adalah berbeda pula dengan masa depan. Masing-masing simultan, namun mereka bukan tiga ‘waktu’ tapi satu. Artinya, mereka semua berbagi sifat yang sama yaitu waktu. Dengan ruang, tinggi berbeda dengan lebar, yang adalah berbeda dengan kedalaman, yang berbeda pula dengan ketinggian. Namun mereka tidak tiga ‘ruang’ tapi satu. Artinya, mereka semua berbagi sifat yang sama yaitu ruang. Dengan materi, padat tidak sama dengan cairan, yang tidak sama dengan gas, yang tidak sama dengan kepadatan. Namun, mereka tidak tiga ‘materi’ tapi satu. Artinya, mereka semua berbagi sifat yang sama: materi. Segi tiga tidak dapat menjadi segi tiga jika hanya punya dua sudut. Segi tiga punya tiga sudut, tetapi tiga sudut itu membentuk hanya satu segi tiga. So, dalam pemikiran saya, trinitas reasonable dan tidak berkontradiksi dengan hukum-hukum logika. IMHO.

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

– Korupsi Ahmad Heryawan/Aher Gubernur PKS Bisa dibaca disini.

– Korupsi Anis Matta, Tifatul Sembiring dan pejabat PKS lainnya bisa dibaca disini.

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia
Faithfreedom forum static
Faithfreedompedia
Faithfreedompedia

PKS Partai Phustun dan Sapi
Foto Skandal-Skandal PKS

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: