//
you're reading...
Common

bushido … kode etik warrior nya jepang

Ilustrasi Islam
Ilustrasi

ngky wrote:
Seppuku itu nilai moral atau budaya?? jika itu nilai moral dari agama, bisa habis penghuni negara jepang. Mohon dibedakan.
Sementara pelaku bom bunuh diri dari kaum muslim, melakukan nya bukan karena nilai moral tapi karena mereka meyakini suatu ajaran yang menjanjikan syurga dan bidadari bagi yang mati syahid karena membela auloh.
12345678901 wrote:agama di jepang itu mengikuti budaya jepang ….
dan seppuku itu bagian dari bushido … kode etik warrior nya jepang

Seppuku atau harakiri bukan budaya agama di jepang, shinto dan budha. Seperti yang bung bilang, harakiri adalah budaya/kebiasaan yang berkembang di jaman Samurai. Seppuku adalah tindakan dari BUDAYA MALU, MENJAGA HARGA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB.
dan rasa setia kawan. Budaya ini lah yang masih meresap di segenap masyarakat jepang bukan hanya samurai saja. Dalam film 47 ronin yang bung singgung, anak dari sang pemimpin (ane lupa namanya) dibebaskan oleh bos samurai untuk tidak melakukan seppuku untuk menjaga keturunannya. Budaya malu di jepang sering ditunjukkan dengan cara "mengundurkan diri" dari jabatan jika melakukan kesalahan.

12345678901 wrote:kayanya golden rule itu bukan cuman ajaran yesus deh
hal itu sudah ada dari jaman dahulu kala ….
paling awal adalah 1780 bc .. code of hammurabi …..
memang code di sini lebih mengarah pada an eye for an eye, tapi itu bisa diartikan bahwa manusia ga bole merugikan orang lain karena kalau dia merugikan orang lain, dia akan dihukum sesuai dengan kejahatannya

Raja Hammurabi memberikan aturan Mata ganti mata, gigi ganti gigi. Ini bukan Golden rule tetapi aturan hukum dijaman itu. Musa dalam TAURAT memberikan hukum yang mirip tetapi didasari oleh hukum TUHAN yang disebut LEX TALIONIS.

1. Keluaran 21, untuk kesalahan yang tidak disengaja.
33 Apabila seseorang membuka sumur, atau apabila seseorang menggali sumur, dengan tidak menutupnya, dan seekor lembu atau keledai jatuh ke dalamnya,
34 maka pemilik sumur itu harus membayar ganti kerugian: ia harus mengganti harga binatang itu dengan uang kepada pemiliknya, tetapi binatang yang mati itu menjadi kepunyaannya.
2. Keluaran 22, untuk kesalahan yang disengaja
4 Jika yang dicurinya itu masih terdapat padanya dalam keadaan hidup, baik lembu, keledai atau domba, maka ia harus membayar ganti kerugian dua kali lipat.
3. Bilangan 35 : 16 -31, untuk yang melakukan pembunuhan . Ane kutipkan agak panjang supaya jelas perbedaan nya dengan hukum qisos nya Islam.

Tetapi jika ia membunuh orang itu dengan benda besi, sehingga orang itu mati, maka ia seorang pembunuh; pastilah pembunuh itu dibunuh.

35:17
Dan jika ia membunuh orang itu dengan batu di tangan yang mungkin menyebabkan matinya seseorang, sehingga orang itu mati, maka ia seorang pembunuh; pastilah pembunuh itu dibunuh.

35:18
Atau jika ia membunuh orang itu dengan benda kayu di tangan yang mungkin menyebabkan matinya seseorang, sehingga orang itu mati, maka ia seorang pembunuh; pastilah pembunuh itu dibunuh.

35:19
Penuntut darahlah yang harus membunuh pembunuh itu; pada waktu bertemu dengan dia ia harus membunuh dia.

35:20
Juga jika ia menumbuk orang itu karena benci atau melempar dia dengan sengaja, sehingga orang itu mati,

35:21
atau jika ia memukul dia dengan tangannya karena perasaan permusuhan, sehingga orang itu mati, maka pastilah si pemukul itu dibunuh; ia seorang pembunuh; penuntut darah harus membunuh pembunuh itu, pada waktu bertemu dengan dia.

35:22
Tetapi jika ia sekonyong-konyong menumbuk orang itu dengan tidak ada perasaan permusuhan, atau dengan tidak sengaja melemparkan sesuatu benda kepadanya,

35:23
atau dengan kurang ingat menjatuhkan kepada orang itu sesuatu batu yang mungkin menyebabkan matinya seseorang, sehingga orang itu mati, sedangkan dia tidak merasa bermusuh dengan orang itu dan juga tidak mengikhtiarkan celakanya,

35:24
maka haruslah rapat umat mengadili antara orang yang membunuh itu dan penuntut darah, menurut hukum-hukum ini,

35:25
dan haruslah rapat umat membebaskan pembunuh dari tangan penuntut darah, dan haruslah rapat umat mengembalikan dia ke kota perlindungan, ke tempat ia telah melarikan diri; di situlah ia harus tinggal sampai matinya imam besar yang telah diurapi dengan minyak yang kudus.

35:26
Tetapi jika terjadi bahwa pembunuh itu keluar dari batas kota perlindungan, tempat ia melarikan diri,

35:27
dan penuntut darah mendapat dia di luar batas kota perlindungannya, dan penuntut darah membunuh pembunuh itu, maka tidaklah ia berhutang darah,

35:28
sebab pembunuh itu wajib tinggal di kota perlindungan sampai matinya imam besar, tetapi sesudah matinya imam besar bolehlah pembunuh itu kembali ke tanah kepunyaannya sendiri.

35:29
Itulah semuanya yang harus menjadi ketetapan hukum bagimu turun-temurun di segala tempat kediamanmu.

35:30
Setiap orang yang telah membunuh seseorang haruslah dibunuh sebagai pembunuh menurut keterangan saksi-saksi, tetapi kalau hanya satu orang saksi saja tidak cukup untuk memberi keterangan terhadap seseorang dalam perkara hukuman mati.

35:31
Janganlah kamu menerima uang tebusan karena nyawa seorang pembunuh yang kesalahannya setimpal dengan hukuman mati, tetapi pastilah ia dibunuh.

35:32
Juga janganlah kamu menerima uang tebusan karena seseorang yang telah melarikan diri ke kota perlindungannya, supaya ia boleh kembali untuk diam di tanahnya sebelum matinya imam besar.

Hukum Musa mensyaratkan adanya hakim dan Imam sebagai penengah, tidak seperti qisos yang meminta diyat yang semena mena diluar kemampuan pelaku. Kasus yang terakhir uang darah yang diminta hampir 33 Milyar rupiah. Wong edan tuh arab.

Nah ini lah hukum golden rule yang dibawa oleh Kristus yang dikenal juga dengan Khotbah di bukit.

1) Mat.5:7 berkata: “Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan”.
2) Mat.6:14 berkata: “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga”.
3) Mat.7:1-2 berkata: “Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akan dihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu”.
4) Mat.7:12 berkata: “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi”.

Ane cukupkan dulu ya bung, nanti terlalu kekiri tetapi boleh kok dibahas berkaitan dengan auloh nya muslim yang mencederai semua hukum yang ada bahkan lebih BURUK dari hukum hammurabi.

– HOT NEWS: MENKOMINFO TIFATUL SEMBIRING SELINGKUH, ISTRI PERTAMA KABUR DARI RUMAH!!!!

– MENKOMINFO: Kalau Internetnya Cepat Mau Dipakai buat Apa?

Beberapa Link/Website Mungkin Diblokir, untuk membuka blokir silakan klik:
Tip-tip Buka Blokir Website Karena Nawala

Atau dengan Firefox Add On Berikut:

Firefox anonymoX – Anti Blokir Situs Website

Faithfreedom Indonesia
Faithfreedom forum static
Faithfreedompedia

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: